About Faceleakz

Mendengar nama FaceLeakz seperti mendengar penggabungan kata antara dua situs populer: Facebook dan WikiLeaks. Dan benar sekali, saya membuat blog FaceLeakz karena terinspirasi oleh dua situs tersebut.

Facebook adalah situs jejaring sosial paling terkenal di dunia yang dirikan oleh Mark Zuckerberg sedangkan WikiLeaks adalah sebuah situs yang populer karena membocorkan kawat diplomatik berbagai negara di dunia, dirikan Julian Assange.

FaceLeakz memang menggabungkan dua nama antara Facebook dan WikiLeaks. Sebenarnya saya ingin menamakan blog ini dengan nama FaceLeaks, namun apa daya, nama alamat blog tersebut sudah ada yang lebih dulu menggunakannnya di blogspot dan nama alternatif FaceLeakz adalah pilihan yang menurut saya paling tepat dengan mengganti huruf terakhir s menjadi z.

Bisa dibilang saya adalah salah seorang fan Mark Zuckerberg, terutama karena kesuksesannya dalam membangun situs jejaring sosialnya, Facebook, dari kamar asrama hingga akhirnya merubah wajah internet. Seandainya Mark Zuckerberg tidak ada, dunia akan jauh lebih berbeda sekarang. Saya berharap blog FaceLeakz bisa memberikan kontribusi satu perubahan kecil dalam dunia blogging pada khususnya dan internet pada umumnya.

about tentang faceleakz Mark Zuckerberg berpose dengan background FaceLeakz

Dan tentang WikiLeaks, hal yang membuat saya kagum dengan situs ini adalah Julian Assange dan kawan-kawan tidak pernah menyebutkan sumber dari mana dokumen-dokumen rahasia yang mereka bocorkan, tapi seluruh dunia membicarakan mereka.

about faceleakz
Julian Assange tampaknya mengganti tulisan pada logo Wikileakz menjadi FaceLeakz

Seperti WikiLeaks, saya berharap siapapun yang mampir di blog FaceLeakz percaya dengan setiap hal kecil yang pernah dimuat di sini meski kadang-kadang tidak menyebutkan sumber.

FaceLeakz tidak membatasi diri pada satu topik saja tapi hampir semua topik, mulai dari hal-hal yang dianggap penting sampai yang sama sekali tidak penting atau sampah - faktanya, sampah kalau dijual juga laku.

Umumnya FaceLeakz lebih banyak memposting berita-berita dunia yang diambil dari portal berita terpercaya seperti Telegraph, CNN, Daily Mail, The Huffington Post, Kompas, VIVANews, Tempo Interaktif, dll, (yang sejauh ini) mencakup musik, selebriti, facebook, unik dan aneh, foto-foto atau gambar, teknologi, sains, misteri, seni dan budaya, berita nasional, alam, hewan, kesehatan, dll.

Meski hampir semua artikel yang dimuat di sini berasal dari berbagai sumber, sebisa mungkin FaceLeakz tidak mengcopy-paste bulat-bulat dari sumber asli dengan melakukan penambahan di sana-sini (mengkombinasikan beberapa sumber). FaceLeaks berusaha menyajikan postingan atau artikel dengan gaya berbahasa yang tidak miliki oleh blog lain dalam upaya membangun sebuah karakter.

Format postingan atau artikel di FaceLeakz mengadopsi format artikel di Daily Mail, dimana setiap artikel terdapat gambar atau foto yang disertai dengan keterangan di bawahnya. Alasan penggunaan gambar dan keterangan adalah untuk memudahkan pembaca memahami artikel yang disajikan, bahkan jika pembaca malas membaca artikel secara keseluruhan.

Untuk desain tampilan blog, FaceLeakz meniru tampilan Facebook yang dinominasi oleh warna putih dan biru, dengan memodifikasi sebuah template blog yang di download gratis dari internet. Secara kebetulan, saya suka sekali warna putih dan biru. Kombinasi antara dua warna tersebut disertai garis pembatas warna abu-abu membuat tampilan blog terlihat lebih simple, rapih, bersih dan keren.

Sekian dulu perkenalan tentang FaceLeakz, lain kali halaman ini akan diupdate seiring dengan berjalannya waktu. Jika anda suka FaceLeakz, silahkan tekan tombol Like berikut, and big Thankz from imroee, an admin of FaceLeakz.

Anda bisa mengirim kritik dan saran secara personal seputar blog ini ke imroee@gmail.com (" attr(href)

2 Comments On :

About FaceLeakz

@ Tuesday, May 17, 2011

Labels: , ,
imroee imroee said...

agak konyol sih sebenarnya membanding faceleakz dengan wikileaks dan facebook tapi gimana ya... ini cuma buat bersenang-senang aja... Whatever...!!!

March 6, 2012 at 11:22 PM
Prap Prap said...

sangat keren idenya, jarang kok ada yang terinspirasi dengan hal yang populer. BTW itu foto editingnya pakai apa ya?

March 26, 2014 at 2:30 AM
Here's A face Box To Share Your Thoughts